Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Wednesday, March 23, 2011

Out of the Box

[- Demak, 23 Maret 2011, 11.00 -]

Dikisahkan ada seorang pengemis buta yang sedang duduk termenung di pinggir trotoar. Di sampingnya tergeletak sebuah topi lusuh dengan tiga keping uang receh di dalamnya. Sebuah lembaran kardus bekas bertuliskan "Saya pengemis buta.", terpampang di samping kakinya. Berjam-jam dia duduk di situ. Namun uang receh yang ada di atas topi itu tak kunjung bertambah.

Tak lama kemudian, seorang anak muda yang tergerak hatinya datang menghampiri. Setelah melempar beberapa uang receh dari sakunya, tiba-tiba matanya tertuju pada tulisan si pengemis itu. Dilihatnya beberapa saat. Sejurus kemudian, diraihnya pulpen dari dalam sakunya, lalu dia tuliskan sebuah kalimat di balik kertas itu, "Pagi ini sangat indah, sayang aku tak bisa melihatnya.". Lalu diletakkan lah kembali kertas itu di samping kaki si pengemis dengan posisi tulisan yang baru saja dia tulis menghadap ke atas.  Si pengemis tak tahu apa yang  baru saja dilakukan anak muda itu. Dia hanya bisa merasakan kehadirannya beberapa lama.

Setelah anak muda itu pergi, seperti ajaib, hampir setiap orang yang melewati pengemis buta itu, mengulurkan uang receh kepadanya. Si pengemis jadi buta terheran heran. Dalam sehari, belum pernah dia mendapatkan omset sebesar itu sebelumnya.

Apa yang ditulis oleh anak muda itu sebenarnya kalimat sederhana yang tidak mengubah makna sama sekali. Ya, maknanya masih sama, masih menyatakan bahwa si pengemis itu buta. Namun ketika ditulis dengan sudut pandang yang berbeda, akan menghasilkan kesan yang berbeda pula. Itulah yang membuat orang-orang tertarik dan akhirnya tersentuh hatinya.

Begitu pula lah seharusnya kita memandang sebuah masalah. Saat semua jalan terasa buntu, jangan lah kita cepat-cepat berputus asa. Cobalah kita berusaha melihat masalah itu dari sudut pandang yang lain. Kemampuan berpikir out of the box, nyleneh, dan mungkin sedikit gila, akan menghadirkan berbagai pilihan alternatif solusi yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Tidak percaya ? Coba saja.
(terinspirasi dari "inspirasi pagi" nya Mas Amin. Thanx, mas)
(Gambar dari blog.uad.ac.id)


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...