Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Wednesday, March 9, 2011

Ngisi Bareng SPT Tahunan di Makodim 0716 Demak

[- Demak, 9 Maret 2011, 10.20 -]
Matahari masih redup pagi itu. Mendung yang berarak membuat udara sedikit panas. Namun kondisi ini tidak menyurutkan semangat ratusan anggota Kodim 0716 Demak untuk mengikuti acara Ngisi Bareng SPT Tahunan PPh tahun 2010 pada hari Rabu (8/3/2011) kemarin. Acara yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Demak itu sengaja dihelat di Makodim Demak sebagai bentuk pelayanan langsung kepada wajib pajak.

Mengawali seluruh rangkaian acara pagi itu, sebuah doa yang cukup menyentuh hati, dibawakan oleh Ustd. Zainal Abidin, karyawan KPP Pratama Demak. Dan suasana pun berubah menjadi heroik saat sesi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Kadarwati. Wajar saja, karena suara lantang yang membahana di aula makodim itu adalah suara ratusan pria berbadan tegap yang sudah terbiasa dengan dunia militer.

Dalam sambutannya mewakili Komandan Kodim yang saat itu berhalangan hadir, Kasdim 0716 Mayor Inf. Suwarjo mengatakan bahwa acara itu akan sangat bermanfaat dalam membantu para anggotanya  mengisi SPT Tahunan yang sudah menjadi kewajiban sebagai warga negara yang baik.
Kepala KPP Pratama Demak Ibu Ir. Aan Almaidah Anwar, M.Tax, dalam sambutannya menyambut baik kerjasama yang telah terjalin di antara kedua instansi. Karena bagaimana pun, pada dasarnya keduanya saling membutuhkan dalam rangka menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik.

Ada yang menarik saat Ibu Aan memberikan sambutan. Pada saat beliau mengatakan bahwa pajak yang telah wajib pajak bayarkan akan kembali kepada ... Belum selesai beliau mengakhiri kalimatnya, beberapa peserta dengan kompak menimpali dengan nada bercanda "Gayuuss...". Mendengar itu, dengan tenang dan senyuman yang selalu mengembang beliau menjawab. "Ada satu kalimat yang ingin saya katakan, bahwa Gayus adalah oknum. Bila kita menganggap semua petugas pajak sama seperti Gayus, maka dimana lagi ada kepercayaan ? Padahal kepercayaan adalah prinsip utama dalam sebuah kerja sama." Sebagian peserta langsung mengangguk tanda setuju mendengar pernyataan Ibu Aan.

Dalam sesi simulasi dan "Ngisi Bareng", peserta terlihat antusias mendengarkan setiap petunjuk pengisian yang disampaikan oleh Bpk. Agus Nizar yang dibantu oleh beberapa petugas yang membaur di antara peserta. Step by step pengisian yang telah dijelaskan secara detil direspon dengan beberapa pertanyaan dari peserta.

Antusiasme peserta juga terlihat saat penyampaian SPT di beberapa meja petugas. Dengan sabar, mereka mengantri untuk diberikan tanda terima, sebagai bukti telah menyampaikan SPT Tahunan untuk tahun pajak 2010.

Tepat pukul 10.00, acara selesai. Dilanjutkan dengan foto bersama panitia dengan Kasdim dan beberapa Danramil serta perwira staf.

Satu kewajiban telah tertunaikan. Dan akan menyusul kewajiban-kewajiban lain telah menunggu. Meskipun badai sedang melanda instansi kami. Namun tak ada alasan berhenti untuk terus berbenah dan melayani.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...