Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Tuesday, March 15, 2011

Focus on Goals

[- Demak, 15 Maret 2011, 09.40 -]

Apakah anda sudah memiliki goals (tujuan) untuk anda capai tahun ini ? Apakah goals itu sudah anda tulis ?

Tahukah anda, bahwa Allah telah menciptakan sebuah alat canggih yang terbenam dalam batang otak kita. Alat itu diistilahkan oleh para pakar sebagai Reticular Activating System (RAS) yang salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan kesadaran kita. Di saat kita tidur, atau di saat hormon melatonin bekerja, fungsi RAS akan menurun.

RAS mempunyai karakter seperti antena, mampu menerima sinyal listrik, dan mengirimkannya kembali. RAS juga sangat penurut. Dia akan sangat fokus terhadap setiap perintah yang diterimanya. Lalu bagaimana RAS bekerja ?
Sebagai ilistrasi, tiga tahun yang lalu, saya pernah ingin membeli sebuah mobil second untuk mobil pertama keluarga saya. Dan dengan berbagai pertimbangan, pilihan saya jatuh pada mobil isuzu panther lama. Beberapa hari kemudian, entah mengapa saya sering sekali menjumpai mobil panther seperti yang saya inginkan di jalanan. Dan saking seringnya, saya jadi hafal setiap lekuk bodi dan jenis tipenya.

Apa yang saya alami saat itu menurut para ahli, adalah hasil kerja dari RAS yang ada di dalam otak saya. Pada saat ia menerima perintah "cari mobil panther", maka mulai saat itulah ia bekerja, fokus pada apa yang saya cari, dan mengeliminasi perhatian saya terhadap mobil-mobil lain. Itulah sebabnya mengapa seolah-olah saya tidak melihat mobil kijang kotak, atau katana yang sebenarnya bisa menjadi pilihan alternatif.

Mengingat karakter RAS yang sangat penurut, maka jangan sekali-kali kita mengatakan kata-kata negatif pada diri kita. RAS akan langsung bekerja dan akan mengeliminasi setiap hal yang positif yang ada di depan kita. Akibatnya, kita selalu melihat dunia dengan kaca mata negatif.

Dalam dunia bisnis, jika anda mengatakan dengan yakin, bahwa bulan ini adalah bulan yang sepi, maka jangan berharap akan banyak calon pelanggan yang datang membeli produk anda di bulan ini. Karena RAS akan mengiyakan, dan mengelimir setiap peluang yang datang kepada anda. Hal ini membuat concern anda terhadap setiap peluang bisnis itu menurun di bulan ini.

Lalu apa kaitannya dengan goals yang tertulis ? Goals yang tertulis akan diterjemahkan oleh RAS sebagai "perintah yang ditekankan". Dan hasilnya, RAS akan merespon perintah itu dengan mengirimkan secara rutin sinyal-sinyal yang membuat kita fokus dalam goals kita. Setiap kita membaca kembali goals itu, RAS akan mengirimkan "energi" yang membuat kita tetap fokus pada tujuan kita. Wallahu 'a'lm.

(Artikel ini terinspirasi dari sebuah sesi motivasi yang diudarakan oleh Radio Idola Semarang)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...