Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Monday, February 21, 2011

Ketenangan

[- Demak, 16.00 -]
Ketenangan, itulah fitrah manusia. Sebuah kondisi jiwa yang pasti akan dicari oleh siapapun yang masih menganggap dirinya manusia. Seberapa pun tinggi derajatnya.

Entah, apa yang berkecamuk dalam diri mantan presiden Mesir Husni Mubarak sekarang. Saat kehadirannya tak diinginkan lagi oleh sebagian besar rakyatnya. Apa pula yang sedang bergemuruh di dalam dada mantan presiden Tunisia Ben Ali, yang terusir dari negerinya sendiri. Meskipun saya tak bisa memastikan, anda pun mungkin setuju, bahwa mereka mungkin diliputi oleh kegelisahan dan jauh dari ketenangan. Ketenangan lah yang telah pergi meninggalkan mereka. Seperti perginya kepercayaan rakyat kepadanya, seperti perginya harta yang bertumpuk yang selama ini mereka kumpulkan.

Apakah kita pernah merasakan apa yang saat ini mereka berdua rasakan ? Jauh dari ketenangan ? mungkin belum. Suatu saat, siapa yang tahu. Namun dalam skala kecil, sebenarnya kita sering mengalami sebuah kondisi, dimana ketenangan bisa datang dan pergi begitu saja. Terkadang ketenangan itu pergi dengan perlahan, sampai-sampai kita tak menyadari kepergiannya. Dan kita pun ditinggal sendirian dalam kegelisahan dan kehilangan makna.

Lalu mengapa ketenangan pergi dari benak kita ?
Karena ada kewajiban yang belum kita tunaikan. Sekecil apa pun itu.
Dan kewajiban itu equivalen dengan peran kita. Sebagai hamba Allah, sebagai suami, sebagai ayah, sebagai karyawan. Semua memiliki haknya masing-masing. Sekecil apapun kewajiban itu kita abaikan, sekecil itulah kita menanam kegelisahan dalam hati kita.

Dengan hati yang bersih, kita akan selalu tahu kapan ketenangan bergerak meninggalkan kita, agar kita dapat merenggutnya kembali untuk jiwa kita.

Wallahu alm.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...