Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Wednesday, February 4, 2009

Sebuah Nasihat di Penghujung Malam

Pukul tiga lebih seperempat pagi tadi saya terbangun oleh suara dering dari HP saya. Om Tono mengabarkan bahwa beliau sudah sampai di terminal Banyumanik. Saatnya saya menjemput. Memang semalam sudah ada kabar kalau Om Tono mau ke Semarang. Pak Dhe nya yang tinggal di Bintoro Raya meninggal dunia jam lima sore kemarin. Saya pun segera berangkat. Kasihan kalau menunggu lama. Apalagi di luar masih gelap.

Di terminal, saya melihat beliau bersama seorang kakaknya. Setelah menyapa dan menyalami keduanya, kami pun segera meluncur ke alamat yang sebenarnya saya belum paham betul dimana daerah Bintoro Raya itu. Mereka pun terakhir kali ke Semarang dulu waktu masih SMA. Jadi wajar kalau lupa. Setelah tanya sana sini akhirnya kami sampai. Tepat pukul setengah empat.

Namanya Soeparlan. Laki-laki usia 76 tahun itu kini terbaring tak berdaya di atas dipan di ruang tamu. Tubuhnya tertutup rapat oleh kain putih. Suasana tiba-tiba menjadi hening saat istrinya membuka kain yang menutupi wajah laki-laki yang telah pergi untuk selamanya itu. Terlihat raut mukanya bersih, meskipun banyak kerutan-kerutan di wajahnya. Aroma wewangian menyeruak meski tak terlihat taburan bunga di atas jenazahnya. Sang istri pun bertutur, mengisahkan saat-saat terakhir menjelang kepergian suaminya. Tuturan kata-katanya menjelma menjadi nasihat kaya makna yang mengiringi kepergian malam.

Subhanallah. Allah memberi pelajaran berharga di penghujung malam ini.

Meskipun saya tak mengenal sama sekali dengan laki-laki itu, namun peristiwa pagi tadi seakan mengingatkan saya dan juga anda. Bahwa mati adalah keniscayaan. Tapi memperisapkan kematian, itu adalah pilihan. Dan pilihan itu sekarang ada di depan kita. Akan kah kita segera mempersiapkannya, ataukah sebaliknya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...