Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Monday, January 12, 2009

MPASI (Makanan Pendamping ASI) pertama Aisya

[- Demak, 12 Januari 2009, 09.30 -]




[Bubur Beras Merah buatan sendiri]

Mendekati bulan ke enam, banyak persiapan yang harus kami lakukan. Termasuk browsing saran dan masukan baik dari dokter, maupun para praktisi, yaitu para ibu yang sudah berpengalaman. Termasuk teman-teman sekantor istri dan tetangga kami. Banyak sekali masukan yang datang. Khususnya tentang makanan apa yang sebaiknya di berikan pertama kali. Dari berbagai saran dan masukan itu, kami memilih satu yang menurut kami masuk akal dan berasal dari sumber yang terpercaya. Bubur beras merah organik buatan sendiri. Pertimbangannya simple. Lebih sehat, bebas bahan pengawet, dan murah.

Beras merah kami pilih dari jenis beras organik yang mudah kita dapatkan di supermarket. Jenis beras ini dikenal aman untuk bayi. Karena cara menanam dan pengolahannya tidak melibatkan bahan-bahan kimia sama sekali. Untuk praktisnya kami mengikuti saran salah seorang ibu yang membagi pengalamannya melalui mailing list di internet.
Satu kilogram Beras merah di rendam dulu sebelum digiling. Setelah itu disangrai di atas wajan khusus. Hasilnya lalu kita ayak/saring agar tak menggumpal saat dibuat bubur. Agar lebih higienis dan untuk menghindari jamuran, kami menyimpannya di dalam toples khusus agar aman selama dua sampai tiga minggu. Setiap mau menghidangkan, kami memasaknya dua sendok di atas panci kecil dengan air matang secukupnya, lalu diaduk sampai menjadi bubur.
Untuk pemberian pertama kali, kami mencampurnya dengan asi sampai menghasilkan kekentalan yang hampir sama dengan asi. Tentu agar si bayi tak kaget. Untunglah Aisya sudah terbiasa pakai sendok. Jadi tak terlalu kesulitan menelannya. Ingin lihat ekspresi Aisya saat suapan pertama ? Ini dia ...
Aisya terlihat agak tegang dengan celemek barunya
Allahumma Bariklana fi maa razaqtanaa wa qinaa adzabannaar...

Aaaaemmmmm..... Horeeee...... :)

3 comments:

Yuly Izzan Susanto said...

ass,,gak sengaja tadi browsing2 tentang makanan pertama pendamping ASI... eh nyasar ketemu sama blognya ayahnya aisha...hehehehe...
ternyata dunia maya kdg juga sempit ya...

kaka aisha, salam kenal dari dede izzan
kapan2 diajak maen dunk ke Saninten hihihihi...

Si Kecil said...

Waaahhh lucu yaa :D
Kalau saya sih pengennya kasih milna bubur bayi organik sebagaimakanan pendamping asi, kalo menurut bunda gimana?

qassim said...

Speaking about surfing. I would say it is one of the best sports but good coverage is not given to this sport on international media.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...