Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Thursday, January 29, 2009

Gelisah di Tanggal Tua ?


[- Demak, 29 Januari 2009, 11.30 -]

Bagi anda yang gajian di awal bulan, tentu pernah mengalami masa-masa sulit di akhir bulan seperti sekarang ini. Tanggal-tanggal di atas 20-an, atau yang sering diistilahkan dengan tanggal tua, seakan menjadi area kritis yang selalu berulang. Anehnya sebagian besar di antara kita tak pandai mengambil pelajaran dari bulan-bulan sebelumnya.

Kegagalan dalam mengelola keuangan keluarga adalah salah satu penyebabnya. Penyebab yang lain mungkin karena ada kebutuhan mendadak yang tak direncanakan di bulan itu. Meskipun sudah ada kepastian akan ada "kucuran" dana di awal bulan nanti, namun efek psikologis yang dirasakan terasa begitu berat. Seperti ada beban berat di kepala kita. Waktu pun seolah berjalan sangat lamban. Lalu apa yang seharusnya kita lakukan ?

Otak kita diciptakan oleh Allah SWT dengan sedemikian canggihnya. Dia lah yang akan bekerja secara otomatis mencari solusi pemecahan masalah. Seperti komputer, ada banyak data yang bisa kita panggil setiap saat melalui menu "search". Apalagi jika sudah terhubung dengan internet, banyak sekali mesin pencari semisal google yang akan menjawab permasalahan kita.
Untuk kasus di atas, sebenarnya ada banyak alternatif solusi jika kita mau berpikir. Namun masalah sebenarnya bukan karena kita tak mampu berpikir. Tapi ada sesuatu yang menghalanginya. Ini yang membuat kita seolah lupa bahwa kita sebenarnya mempunya otak, mampu berpikir, dan mencari solusi. Sesuatu yang menghalangi itu tak lain adalah perasaan kita sendiri. Rasa gelisah yang berlebihan, khawatir yang berkepanjangan, takut tak bisa makan, was-was dengan tagihan, semua itulah yang menghambat otak kita.

Dari mana datangnya perasaan-perasaan negatif itu ? dari luar kita kah? Bukan. Ia datang dari kita sendiri. Dan tempatnya pun sama, di otak kita. Hanya pada bagian yang lain. Aneh bukan ? Di dalam otak kita pun ternyata ada sesuatu yang bisa menghambat.

Dan justru itu lah. Selama itu masih bagian dari anggota tubuh kita, selama itu pula kita berhak memerintahnya. Tak terkecuali otak. Kita bisa memerintahnya untuk membuang jauh pikiran-pikiran negatif itu semau kita. Dan menggantinya dengan pikiran positif, yaitu sebuah keyakinan akan pertolongan Allah. Efeknya, kita pun akan merasa tenang. Dan ketenangan itu lah yang akan mendekatkan kita pada solusi.

Jadi intinya, jika anda sedang terjepit, tak punya uang, atau banyak hutang. Satu yang harus anda lakukan pertama kali. Mintalah tolong kepada Sang Pencurah Rizki. Lalu yakinlah akan pertolongan-Nya. Sekali lagi, mintalah dan yakinlah. Yakin dengan sepenuh keyakinan. Lalu perhatikan, apa yang akan terjadi.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...