Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Monday, September 15, 2008

Weekend di rumah kok malah lemes ya ???

[- Demak, 15 Ramadhan 1429 H, 08.15 -]

Bagaimana liburan weekend anda kemarin ? Full time bersama keluarga ? atau ? Bagi saya, saat puasa-puasa begini, entah kenapa, setiap liburan Sabtu-Ahad, badan ini malah terasa lebih lemas dari pada hari-hari biasanya. Saya merasakannya saat weekend pertama Ramadhan ini. Karena kebetulan tak ada agenda di luar, saya menghabiskannya full di rumah sembari mencoba lebih berkhidmah pada si kecil. Alih-alih istirahat sambil ngemong, justru malah ngantuk dan bawaannya pengen tidur mulu. Kalau udah gini, rasanya malah lemes dan males beraktivitas. Rasa lapar dan haus pun terasa lebih menyengat.

Pengalaman ini lah yang membuat saya mencoba untuk tetap beraktivitas Sabtu-Ahad kemarin. Hari Sabtu, saya putuskan untuk fokus ke taman di depan rumah. Sudah lama rumputnya belum dirapikan. Daun-daun yang layu dan mengering masih bergelantungan. Belum lagi bambu air yang sepertinya harus diganti potnya agar lebih banyak menampung air. Sedangkan hari Ahadnya, kebetulan ada jadwal mengisi kajian remaja di Sampangan. Yah, meski tidak full sampai sore, setidaknya dengan adanya aktivitas, rasa haus dan lapar seolah-olah terlupakan.

Mungkin ini ada hubungannya dengan kekuatan pikiran. Saat kita diam dan tanpa aktivitas, pikiran kita pun pasif. Artinya tak ada rangsangan dari luar yang membuat kita berpikir tentang sesuatu. Dan itu yang membuat pikiran kita secara alami hanya fokus dengan apa yang kita alami di dalam. Yaitu lapar dan haus. Efeknya, tubuh jadi layu, seperti tanaman yang kekurangan cairan. Kebanyakan orang mungkin beranggapan, "Gimana bisa beraktivitas kalau kita lagi lapar?". Insya Allah dengan makan sahur yang maksimal dan berkualitas serta dengan niyat untuk ibadah, semuanya jadi terasa ringan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...