Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Monday, September 1, 2008

Tidur siangnya orang puasa = ibadah ??


[- Demak, Senin, 1 Ramadhan 1429 H, 12.55 -]

Siang ini langit Demak berbalut mendung. Membuat panas tak terasa begitu menyengat. Di hari pertama puasa, warung-warung makan yang biasanya ramai pengunjung terlihat tutup. Tak terkecuali penjual es tebu yang biasa mangkal di pinggir alun-alun. Mungkinkah itu karena kesadaran? atau bisa jadi karena ada aturan yang mengharuskan mereka tutup di siang hari. Entahlah. Yang jelas saya melihat pemandangan yang tak seperti biasanya.

Tapi ada satu hal di bulan Ramadhan ini yang pastinya sudah menjadi tradisi saat siang terik tiba. Menjelang Dzuhur, masjid-masjid terlihat berjubel. Menunggu shalat berjamaah? I'tikaf ?atau? Tak tahulah. Yang jelas mereka hanya tiduran. Tapi tak sedikit yang tidur beneran. Pemandangan itu pula yang saya lihat di Masjid Agung Demak barusan. Lima belas menit menjelang adzan saya melihat orang-orang bergelimpangan di teras masjid. Subhanallah ...benar-benar sedang "beribadah", pikirku...

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...