Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Friday, September 5, 2008

Reportase dari Arena RamadhanGP 1429 H

[- Demak, Jumat, 5 Ramadhan 1429 H, 16.30-]

Alhamdulillah. Tak terasa sudah lima hari ini kita bersama Ramadhan ? Bagaimana kondisi anda saat ini? Masih tetap fit ? Setelah melalui beberapa "tikungan" di lap pertama ini, ada baiknya kita ambil "pit stop" sejenak. Isi kembali "bahan bakar" iman sehingga tetap dalam keadaan "full tank". Recharge "aki" ma'rifatullah agar lampu penerang tetap menyala. Dan periksa kembali apakah ada "onderdil-onderdil" keikhlasan yang mulai terlepas.

Dalam "lintasan" yang baru saja kita lalui, tentu ada fluktuasi baik dari segi kualitas maupun kuantitas amalan Ramadhan kita. Seperti halnya saya. Di hari kedua dan ketiga, bisa jadi menjadi titik klimaks prestasi saya dalam lima hari pertama ini. Alhamdulillah tilawah Al Quran bisa mencapai tiga juz per hari. Shalat fardhu berjamaah absen hanya sekali. Dhuha, Tarawih dan Qiyamullail komplit. Rawatib muaqad hanya dua kali bolong. Namun dua hari setelah itu (kamis dan jumat), ada penurunan terutama dalam tilawah Al quran. Saya hanya mampu dua juz sehari. Tarawih dua kali tak bisa di masjid, dan Shubuh sekali di rumah. Memang kondisi fisik sangat-sangat mempengaruhi. Kualitas makan sahur saya yang rendah menjadi penyebab untamanya. Di samping itu, "mesin turbo" ruhiyah yang mulai menurun daya dorongnya.

Inkonsistensi seperti inilah yang harus segera dievaluasi dan diperbaiki dalam sesi "Pit stop" yang pertama ini. Dengan membaca kembali keutamaan-keutamaan Ramadhan, mengingat-ingat kembali janji Allah bagi hambanya yang mau bersungguh-sungguh, dan meyakini kembali kebaikan-kebaikan yang langsung bisa kita rasakan, insya Allah, "motor" kita kembali fit, dan siap melesat di lintasan berikutnya. Dan mari kita lanjutkan ajang "fastabiqul khairat" paling bergengsi tahun ini, RamadhanGP.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...