Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Thursday, July 31, 2008

Berkunjung ke Kota Ukir Jepara

[- Kamis, 31 Juli 2008, 16.00 -]

Barus saja aku sampai dari Jepara. Sebuah kota kecil yang terkenal dengan ukirannya. Kalau dibandingkan Demak, jauh sekali bedanya. Jepara kotanya bersih. Tata kotanya teratur. Dan yang membuat orang ingin ke sana adalah ukirannya. Kebetulan hari ini aku berkesempatan mengantarkan seorang kawan untuk menemui relasi bisnisnya di sana. Bersama kawan-kawan yang lain, jadilah kita piknik kecil-kecilan.

Menurut penuturan kawanku tadi, hasil ukiran Jepara banyak yang di ekspor ke luar negeri. Terutama Eropa. Namun bulan-bulan ini untuk ekspor lagi sepi. Katanya karena disana masih musim dingin. Baru nanti setelah Agustus mulai ramai kembali. Dari segi bisnis, sepertinya menguntungkan. Bayangkan saja dengan modal akar pohon seharga satu jutaan saja bisa terjual empat sampai sepuluh jutaan kalau sudah dibentuk ukiran. Untuk ukuran lima kalinya bisa laku dua puluh jutaan. Untuk produk mebel aku di tawari sebuah kursi lipat berbahan jati seharga 45 ribu untuk mentahannya (belum finishing). Kalau sudah finishing harganya cuman 90 ribuan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...