Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Thursday, February 28, 2008

Agenda 'Asingisasi' di Balik Tuntutan Pembubaran LSF

Kelompok seniman dan artisyang menginginkan atau sekedar mendukung pembubaran Lembaga Sensor Film (LSF) secara tidak langsung telah memuluskan agenda penjajahan kultural di Indonesia, mengganti kultur masyarakat Indonesia dengan kultur asing.

"Target pembubaran LSF adalah asingisasi. Mereka mengadopsi liberalisme dan tidak mau mengakui akar kultur masyarakat Indonesia, " kata anggota Pengurus Pusat Lembaga Seniman dan Budayawan Muslim Indonesia (Lesbumi) Wowok Hesti Prabowo, menyikapi proses judicial review UU Film Nomor 8 tahun 1992 tentang keberadaan LSF.

Pembubaran LSF, menurut Wowok, memang sangat tidak populis dan pemerintah tidak perlu mengabulkannya. Sebab, tuntutan itu hanya terkait penarikan simpati masyarakat, yakni dengan memerankan diri sebagai kelompok yang berjuang demi kebebasan, dengan target pendeknya adalah membuka kran kebebasan berkesenian sedikit demi sedikit.

"Target panjangnya adalah meniadakan LSF sama sekali, mereka yang mengadopsi liberalisme itu menginginkan adanya kebebasan tanpa batas, "tegasnya.

Padahal, lanjutnya, jargon pembebasan masyarakat yang selama ini didengungkannya cuma retorika, karena seperti diketahui bahwa pada saat masyarakat keberatan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak.

Ia menambahkan, kalangan seniman dan pebisnis hiburan yang menginginkan liberalisme, sebenarnya hanya segelintir orang namun mereka disuport oleh jaringan dana yang kuat dan media massa. "Jadi ada semacam diktator minoritas, "imbuh Wowok yang juga ketua yayasan Komunitas Sastra Indonesia (KSI).

Ia menyatakan, kreasi seni untuk menyampaikan gagasan serta mengekspos nilai-nilai penting tidak harus dilakukan dengan aksi yang vulgar. Sebab, kreasi seni yang tinggi itu justru diperankan dengan bahasa simbol dan imajinasi. "Kebebasan yang diinginkan mereka itu justru kemunduran. Jadi perlu dibedakan antara kreasi seni dan sampah, " imbuhnya.

NU-KPI Awasi Siaran Televisi

Sebelumnya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi saat menandatangani MoU dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), di Jakarta, Selasa (26/2) mengeluhkan, saat ini muncul kecenderungan bahwa tayangan televisi atau film dengan penonton paling banyak, justru tidak memiliki unsur pendidikan dan pencerdasan kepada masyarakat.

Melalui kerja sama itu, NU dan KPI akan melakukan gerakan penyadaran kepada masyarakat tentang baik-buruknya dampak tayangan televisi. Saat ini sedang dilakukan pengawasan dan inventarisasi terhadap seluruh tayangan televisi yang dinilai baik untuk masyarakat atau sebaliknya.(novel/nuol)



Sumber: www.eramuslim.com , 28 Februari 2008

Pemenang Oscar Sebut Pemerintah AS Sebagai "Gerombolan Penjahat Perang"

Eva Orner, produser film Taxi to the Dark Side-pemenang Oscar 2008 untuk katagori film dokumenter terbaik -membuat kuping pemerintah AS merah lewat pernyataannya yang menyebut orang-orang pemerintahan AS sekarang tidak lebih dari "segerombolan penjahat perang."

Produser berusia 38 tahun kelahiran Melbourne, Australia yang kini menetap di New York itu mengatakan, dia tidak mau menyalahkan para tentara AS berpangkat rendah yang melakukan penyiksaan dan pelecehan terhadap para tahanan di Irak, Afghanistan dan kamp penjara Guantanamo.

"Tentu saja, setiap orang bertanggung jawab atas perbuatannya sendiri, tapi Anda (pemerintah AS) telah menempatkan orang-orang ini pada situasi yang buruk. Mereka kurang terlatih, di bawah tekanan kuat dan mendapat perintah dari atasannya untuk melakukan tindakan yang buruk, " ujar Orner pada ABC Radio dari Los Angeles, Selasa (26/2).

Ia melanjutkan, "Saya sangat tidak yakin bahwa semua hal buruk ini adalah kesalahan mereka, tapi itu semua berasal dari tingkatan-tingkatan yang lebih tinggi."

"Pemerintahan yang berkuasa saat ini adalah segerombolan penjahat perang dan mereka harus dihentikan. Masyarakat harus tahu apa yang sedang terjadi, " tandas Orner. Sebuah pernyataan yang ditujukan pada pemerintahan Presiden George W. Bush.

Orner mengaku tak menyangka filmnya Taxi to the Dark Site yang disutradarai Alex Gibney bisa memenangkan Oscar, ajang penghargaan film bergengsi di AS. Menurutnya, film itu adalah salah satu film terberat yang pernah dibuat. "Ini bukan film lucu-lucuan, " ujarnya.

Taxi to the Dark Side adalah film dokumenter yang mengangkap penggunaan kekerasan yang dilakukan negara AS dalam perangnya melawan terorisme. Film itu menampilkan wawancara dengan sejumlah tentara AS yang ikut melakukan penyiksaan terhadap para tahanan tersangka teroris di Irak, Afghanistan dan kamp penjara Guantanamo. Sedangkan fokus cerita film ini adalah kisah nyata kematian seorang sopir taxi di penjara AS di Afghanistan pada tahun 2002. Sopir taxi berusia muda itu itu tewas di penjara, padahal tuduhan bahwa ia seorang teroris tidak pernah terbukti.

Sementara itu, sutradara Alex Gibney saat menerima Oscar mengatakan, "Penghargaan ini dipersembahkan untuk dua orang yang tidak bersama kita lagi. Dilawar, sopir taxi di Afghanistan dan ayah saya, seorang interogator dari angkatan laut, yang mendorong saya membuat film ini karena ia sangat marah melihat tindakan yang melanggar hukum." (ln/Islamicity/heraldsun)

Sumber: www.eramuslim.com , 28 Februari 2008

Wednesday, February 27, 2008

Akibat Kartun Nabi, YouTube 'Mati' Sehari

Situs terkenal YouTube sempat ngadat seharian kemarin. Situs yang dikenal sebagai ajang berbagai tayangan video itu tidak bisa diakses

Pemerintah Pakistan menyatakan bahwa ngadatnya situs tersebut adalah dampak dari blokade yang dilakukannya. Alasannya, situs itu menayangkan gambar Nabi Muhammad yang dikhawatirkan memunculkan aksi protes besar-besaran.

Otoritas telekomunikasi Pakistan (PTA) mengatakan bahwa situs tersebut memang diblokade. "Ini bukanlah suatu ketidaksengajaan dan bisa terjadi pada perusahaan internasional yang memiliki akses internet ke Pakistan, kami mencoba memblokir URL (Uniform Resource Locator) dengan lebih spesifik," kata petugas senior PTA kepada AFP.

PTA yang mewakili Pemerintah Pakistan meminta penyedia jasa internet lokal memblokade seluruh akses menuju situs yang sudah dibeli perusahaan situs internet terkemuka Google pada 2006 itu. Sejak beredarnya gambar Nabi Muhammad ke seluruh Pakistan, pihak YouTube diminta segera memindahkan seluruh materi yang bersifat mencemarkan dan melanggar kesucian tersebut.

Larangan itu terbukti efektif secara sepihak. Menurut pegawai YouTube, beberapa orang Pakistan masih dapat mengakses YouTube melalui akses provider asing lain.

Salah seorang pegawai PTA mengungkapkan bahwa kebijakan pemerintah Pakistan tetap dilakukan sampai YouTube benar-benar memenuhi permintaan pemerintah untuk melepas seluruh materi bergambar Nabi Muhammad dari situsnya.

Petugas PTA pun kembali melihat seluruh akses YouTube di Pakistan "Sekarang kami akan menjalani proses pemeriksaan dengan benar melalui teknisi kami yang andal hingga YouTube menghapus materi itu dari situsnya," tambah seorang petugas PTA

YouTube tidak menginginkan masalah itu semakin panjang. Mereka segera menghapus video tersebut dan menjamin tidak akan terjadi hal seperti itu lagi.

Bagi YouTube, larangan pemerintah Pakistan tersebut akan membawa kerugian yang tidak sedikit. "Kira-kira selama dua jam kemarin (25/2), akses ke YouTube macet dan banyak pengguna internet di seluruh dunia tidak dapat mengakses situs kami," kata pihak YouTube kepada AFP.

Mereka pun segera membenahi situsnya dan segera memperbaiki kualitas jaringan di Pakistan. "Kami menetapkan, sumber dari peristiwa ini adalah jaringan di Pakistan. Kami akan menyelidiki dan bekerja dengan komunitas internet lain untuk menghindari kejadian yang sama kembali terulang," tambahnya.

Situs web yang didirikan pada Februari 2006 itu memang sering kali tersandung kasus yang berkaitan dengan tampilan videonya. Pakistan bukan satu-satunya negara yang memblokade akses internet YouTube untuk masuk ke negaranya.

Januari 2007 pengadilan Turki memblokir YouTube karena beredarnya video yang menghina pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk. [afp/rtr/jp/ www.hidayatullah.com]

Friday, February 15, 2008

Warga Denmark Protes Publikasi Kartun Pelecehan Nabi Muhammad Saw

Situs terkenal YouTube sempat ngadat seharian kemarin. Situs yang dikenal sebagai ajang berbagai tayangan video itu tidak bisa diakses

Pemerintah Pakistan menyatakan bahwa ngadatnya situs tersebut adalah dampak dari blokade yang dilakukannya. Alasannya, situs itu menayangkan gambar Nabi Muhammad yang dikhawatirkan memunculkan aksi protes besar-besaran.

Otoritas telekomunikasi Pakistan (PTA) mengatakan bahwa situs tersebut memang diblokade. "Ini bukanlah suatu ketidaksengajaan dan bisa terjadi pada perusahaan internasional yang memiliki akses internet ke Pakistan, kami mencoba memblokir URL (Uniform Resource Locator) dengan lebih spesifik," kata petugas senior PTA kepada AFP.

PTA yang mewakili Pemerintah Pakistan meminta penyedia jasa internet lokal memblokade seluruh akses menuju situs yang sudah dibeli perusahaan situs internet terkemuka Google pada 2006 itu. Sejak beredarnya gambar Nabi Muhammad ke seluruh Pakistan, pihak YouTube diminta segera memindahkan seluruh materi yang bersifat mencemarkan dan melanggar kesucian tersebut.

Larangan itu terbukti efektif secara sepihak. Menurut pegawai YouTube, beberapa orang Pakistan masih dapat mengakses YouTube melalui akses provider asing lain.

Salah seorang pegawai PTA mengungkapkan bahwa kebijakan pemerintah Pakistan tetap dilakukan sampai YouTube benar-benar memenuhi permintaan pemerintah untuk melepas seluruh materi bergambar Nabi Muhammad dari situsnya.

Petugas PTA pun kembali melihat seluruh akses YouTube di Pakistan "Sekarang kami akan menjalani proses pemeriksaan dengan benar melalui teknisi kami yang andal hingga YouTube menghapus materi itu dari situsnya," tambah seorang petugas PTA

YouTube tidak menginginkan masalah itu semakin panjang. Mereka segera menghapus video tersebut dan menjamin tidak akan terjadi hal seperti itu lagi.

Bagi YouTube, larangan pemerintah Pakistan tersebut akan membawa kerugian yang tidak sedikit. "Kira-kira selama dua jam kemarin (25/2), akses ke YouTube macet dan banyak pengguna internet di seluruh dunia tidak dapat mengakses situs kami," kata pihak YouTube kepada AFP.

Mereka pun segera membenahi situsnya dan segera memperbaiki kualitas jaringan di Pakistan. "Kami menetapkan, sumber dari peristiwa ini adalah jaringan di Pakistan. Kami akan menyelidiki dan bekerja dengan komunitas internet lain untuk menghindari kejadian yang sama kembali terulang," tambahnya.

Situs web yang didirikan pada Februari 2006 itu memang sering kali tersandung kasus yang berkaitan dengan tampilan videonya. Pakistan bukan satu-satunya negara yang memblokade akses internet YouTube untuk masuk ke negaranya.

Januari 2007 pengadilan Turki memblokir YouTube karena beredarnya video yang menghina pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk. [afp/rtr/jp/ www.hidayatullah.com]

Kuwait dan Pakistan Mulai Bergerak, Protes Kartun Nabi Muhammad Saw

Tindakan surat kabar-surat kabar Denmark mencetak ulang gambar-gambar kartun Nabi Muhammad Saw mulai mendapat perhatian dari negara-nagara Arab. Parlemen Kuwait hari Kamis (15/2) menyerukan boikot produk Denmark sebagai bentuk protes atas tindakan media cetak Denmark itu.

"Kita harus memboikot total hubungan politik dan ekonomi dengan Denmark, " kata Waleed al-Tabatabai. Ia bahkan menyebut pemerintah Denmark sebagai "Anak Anjing" dalam rapat paripurna di parlemen Kuwait. Namun pemerintah Kuwait meminta agar kata "Anak Anjing" itu tidak dicantumkan dalam laporan rapat parlemen.

Al-Tabatabai menyebut Denmark sudah melakukan tindakan provokatif dan telah melakukan penghinaan dengan membiarkan media massanya menampilkan kembali kartun-kartun yang pernah membuat dunia Islam marah besar. "Kita harus mengambil tindakan tegas, " tukas al-Tabatabai.

Terkait dengan masalah ini, anggota parlemen Kuwait lainnya meminta pemerintah segera mengimplementasikan rekomendasi parlemen tahun 2007 lalu, untuk menyediakan dana sebesar 36, 5 juta dollar langkah-langkah membela dan melawan tindakan-tindakan yang melecehkan Islam dan Rasulullah Muhammad Saw.

Selain anggota parlemen Kuwait, di Pakistan, para mahasiswa dan pelajar mulai turun ke jalan memprotes publikasi kembali kartun-kartun Nabi Muhammad Saw oleh media-media cetak Denmark.

Dalam aksi protes di kota Karachi hari Kamis kemarin, para pemrotes meneriakan slogan-slogan "Mati buat Kartunis" dan membakar bendera Denmark.

Juru Bicara Kantor Kementerian Luar Negeri Pakistan, Muhammad Sadiq mengatakan, pihaknya sudah mengontak otoritas berwenang Denmark terkait masalah kartun ini, karena Denmark lagi-lagi menyakiti jutaan Muslim di dunia.

"Kami tidak menentang kebebasan berekspresi, tapi seperti yang kami tegaskan berulang kali, kebebasan berekspresi bukan untuk melecehkan pihak lain, " tukas Sadiq.

Reaksi dunia Islam, diperkirakan akan terus meluas, memprotes penerbitan kembali kartun-kartun Nabi Muhammad Saw oleh koran-koran Denmark. (ln/presstv)
Sumber: www.eramuslim.com , 15 Februari 2008

Monday, February 11, 2008

Catatan untuk (calon) anakku (2)

Jumat malam kemarin, abi sama ummimu kontrol lagi ke dokter. Sehari sebelumnya nelpon dulu ke Bunda. Dapat nomor antrian 13. Dokter Siti prakteknya mulai jam 7. Jadi kira-kira jam 9-an lah dapat giliran.

Akhirnya abi bonceng ummi naik motornya mbah. Ummi ngga mau naik "mogan"nya abi. Katanya jok belakangnya terlalu nungging. Takut dedek kejepit. Memang sejak usia dedek masuk bulan ke empat, perut ummi jadi tambah maju. Tidur pun harus miring. Kalau mlumah katanya bikin tegang.

Kata mbah putri, dedek nanti cewek. Mbah yakin sekali. Abi nggak tahu dari mana yakinnya. Kalo ummi nebaknya cowok. Soalnya ummi sekarang jadi malas dandan. Kata orang kalo jarang dandan waktu hamil berarti calon anaknya cowok. Abi sih nggak terlalu masalah, cowok apa cewek yang penting sehat dan nggak rewel.

Abi kasian sama Ammu Agus. Mas Arfan nangis terus tiap malam. Sampe-sampe matanya merah-merah kalo bangun tidur. Bayangin dek, tiap dua jam bangun. Apa nggak pusing.

Pernah abi nyoba semalam. Pengen tahu gimana rasanya punya adek bayi. Abi "culik" mas Arfan dari kamarnya. Awalnya Mas Arfan nangis terus. Lalu abi sholawatin. Abi elus-elus keningnya. Abi gendong kesana kemari. Ada setengah jam lamanya, sampe bibirnya abi ndower. Tapi abi berhasil "menaklukkan" akhirnya. Abi tidurkan diantara abi dan ummi. Waktu itu ummi nggak tau kalau ada Mas Arfan di sebelahnya. Karena ummi udah bobo duluan. Baru dua jam abi bobo, tiba-tiba, "Cengeerrrr...oweee..oweeek" Mas Arfan nangis sejadi-jadinya. Usut punya usut, bukan karena Mas Arfan mau pipis. Bukan juga karena haus. Tapi karena kesenggol gulingnya ummi. Adduuuhh...

Karena abi masih terkantuk-kantuk, abi ngga mampu lagi bershalawat. Abi menyerah kalah. Akhirnya abi gunakan jurus pamungkas, Abi balikin Mas Arfan sama abi umminya.

Duh dek, berat juga ya jadi abi. Dedek jangan rewel ya nanti ? Nurut sama abi ummi ya.. kalo nangis siang aja, jangan malam-malam ya?

Belum ada setengah perjalanan menuju klinik Bunda, tiba-tiba hujan datang tanpa permisi. Memang Semarang lagi dilanda hujan terus-terusan akhir-akhir ini. Terpaksa abi keluarkan jas hujan kelelawar yang masih basah karena hujan siangnya . Angin malam menambah abi ummi tambah menggigil. Kasian ummi. Rok dan kakinya basah kuyub. Gimana ngga basah kuyub, dek, lha wong jasnya aja buat berdua.

Sampe di Klinik Bunda, sudah ada tiga pasang pasien yang antri. Ummi menggigil menahan dingin karena AC. Abi sih kuat-kuat aja. Abi kan gendhut..he..he..he. Jadi masih ada selimut alaminya.

Setelah registrasi ulang, abi ummi ngambil tempat duduk. Sengaja ambil tempat di pojok. Jauh dari AC. Untuk mengusir jenuh, abi ambil majalah di atas meja. Ummi memilih membuka mushaf di balik tas di atas pangkuannya. Hening sekali malam itu. Hanya obrolan ibu-ibu muda dan pletak-pletok suara sandal anak-anak mereka yang berlarian. Seorang Ibu yang mengenakan sari (pakaian India) nampak duduk termenung bersama suaminya.

***

Lama sekali menunggunya. Sudah hampir tiga jam. Ummi mulai gelisah. Sepertinya ummi menahan mual. Berkali-kali abi memintanya untuk bersabar. Abi besarkan hatinya. Abi kuatkan kembali komitmennya. Untuk sebuah pengorbanan besar. Sebagai seorang ibu. Sebenarnya abi setengah jengkel juga. Masak dari tadi kok nggak dipanggil-panggil. Abi semakin gregetan setelah perawat memanggil pasien yang datang belakangan.

"Nyonya Satria ..." aha..akhirnya suara itu datang juga. Abi ummi segera menyambut dengan langkah cepat. Seorang perawat berpenutup kepala yang sudah sepuh itu tersenyum ramah. Ramah sekali. Setelah memohon maaf atas lamanya antrian, beliau mengantarkan abi ummi ke Dokter Siti. Rupanya tadi Dokter minta untuk mendahulukan pasien yang sakit. Abi jadi nyesel telah suudzon tadi.

"Dok, kenapa ya kok perut saya kadang-kadang senut-senut" tanya ummi.
"Senut-senut...ya ...coba... sekarang kita cari tahu siapa penyebabnya" jawab dokter Siti sambil menggeser-geser alat mirip uleg-uleg di atas perut ummi.

"Nah, ini dia penyebabnya bu. Lihat kakinya nendang-nendang kan?Ibu merasakan ngga?" ujarnya.

"Subhanallah...tadinya nggak ada sekarang jadi ada" ibu perawat sepuh tadi menimpali. Kata-kata itu juga yang abi ummi dengar kira-kira sebulan yang lalu. Waktu pertama kali kontrol di klinik Bunda.

"Mau diprint?" tanya dokter Siti. Ummi pun mengangguk sambil senyam-senyum. Ummi keliatan seneng banget. Rona wajahnya berubah dari pucat menjadi kemerahan.

Waaa dedek difoto...senengnya bukan main abi waktu itu. Abi sekarang punya fotonya dedek. Lucu sekali...

Setelah semuanya cukup, abi ummi pun pamit. Menyelesaikan administrasi, dan pulang.
Ternyata diluar masih hujan. Tapi ummi meminta untuk segera pulang saja. Nggak apa-apa basah sebentar.

Disepanjang jalan abi ummi terdiam. Entah apa yang dipikirkan ummi waktu itu. Abi nggak bisa menangkap mimik mukanya. Yang jelas pikiran abi melayang terbang. Ingat kalo abi akan menjadi seorang abi beneran. Bukan abi bo'ongan. Kalo sekarang kan masih bo'ongan, he..he..he...

Belum lama abi berhayal, tiba tiba abi ingat sesuatu.

"Dek...dek...tadi dokternya kok ngga ngasih tahu dedek cowok atau cewek ya?" tanya abi setengah berteriak karena hujan cukup deras malam itu.

"Yaa..mungkin ada hikmahnya mas. Biarlah kita ngga tahu. Kan jadi surprise.."

Benar juga kata ummi. Jangan minta tahu apa jenis kelaminnya. Biar ikhlas. Cowok, cewek semua adalah titipan Allah yang sama derajatnya.

Malam semakin larut. Melarutkan segala harap, pinta, doa, dan kepasrahan diri. Menjadikan sari pati keikhlasan yang terpatri...

Wednesday, February 6, 2008

Nyleneh kok dipelihara...!!!

Oleh: Cah_Cilik (10.5.8.161 )


" Hanya orang primitif saja yang melihat perkawinan sejenis sebagai sesuatu yang abnormal dan berbahaya. Bagi kami, tiada alasan kuat bagi siapapun dengan dalih apapun, untuk melarang perkawinan sejenis. Sebab, Tuhanpun sudah maklum bahwa proyeknya menciptakan manusia sudah berhasil bahkan kebablasan."

Ato

" batasan minimal aurat wanita adalah daerah rawan bagian atas yaitu payudara dan bawah ketiak dan juga daerah rawan bagian bawah yaitu kemaluan dan pantat."

Ato
" Setiap agama sebenarnya merupakan ekspresi keimanan terhadap Tuhan yang sama. Ibarat roda, pusat roda adalah Tuhan, dan jari-jari itu adalah jalan dari berbagai agama. "

Ya... itu hanyalah sedikit contoh dari pendapat kaum Liberal... masih banyak pendapat dari kaum liberal yang membuat mata kita membelalak... karena memang "nyleneh" adalah ciri khas mereka...

Mereka... para pengusung ide liberal bukanlah orang-orang bodoh... yang g paham ilmu agama... sebagian besar merupakan lulusan IAIN... dan tidak sedikit dari mereka yang meraih gelar doktor di berbagai universitas baik dalam negeri maupun luar negeri... Ph.d Studi Agama Islam... ada yang janggal disini... masa' gelar doktor Studi Agama Islam diraih di Luar negeri... di negeri yang bukan Islam lagi... mungkin kalo dia meraih gelar doktornya di Universitas Al-Azhar Kairo ato di negeri Islam lainnya masih wajar... lha ini... belajar Al-Quran... belajar agama Islam kok di Chicago, Kanada, Australia, dll... apakah yang terjadi di sana...??? sehingga begitu mereka pulang ke Tanah Air malah menyebarkan ide-ide liberal... pencucian otak kali ya...

Gregetan kalo membaca ide-ide liberal mereka... seenaknya aja memelintir ayat-ayat Al-Quran dan Hadist... malah mantan pemimpin negeri ini pernah ngomong kalo Alquran adalah kitab yang paling porno... weleh-weleh... yang nyleneh-nyleneh gini kok dipelihara... !!! dapet bayaran berapa sih Pak...??? sampe mau menggadaikan Islam...??? boleh tau...???

Sumber: 50 Tokoh Islam Liberal Indonesia by Budi Handrianto

Tuesday, February 5, 2008

Fitnah

Oleh : AS Ibnu Qoyyim

''Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan satu musibah kepada satu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatan itu.'' (QS Alhujurat [49]: 6).

Dalam ayat lain, Allah berfirman, ''Allah tidak menyukai menyebut keburukan orang (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.'' (QS Annisaa' [4] : 148).

Allah SWT memerintahkan umat Islam agar memastikan (tabayyun) terlebih dahulu kebenaran suatu berita yang tersebar. Penyebar berita itu hendaknya kita cari tahu, apakah layak dipercaya atau tidak. Namun tetap saja, unsur baik sangka (husnuzhzhon) ada di urutan pertama.

Selain itu, Allah menekankan pada kita agar tidak mudah membuat tuduhan yang tidak berdasar, seperti mencela orang lain, memaki, menerangkan keburukan orang lain, menyebarluaskan aib, atau menyinggung perasaan. Pengecualian itu semua hanya berlaku bagi orang yang dizalimi, yang diberlakukan secara buruk oleh orang yang menganiayanya.

Rasulullah SAW tidak mudah mendengar kata-kata yang dapat mengeruhkan ukhuwah antarsahabat. Rasulullah SAW bersabda, ''Janganlah ada di antara kalian (para sahabat) yang suka menyampaikan perkara-perkara yang memburukkan sahabat-sahabat lain karena sesungguhnya aku lebih suka jika aku menemukan kalian semua dalam keadaan lapang dada, tanpa prasangka buruk.'' (HR Alkhamsah).

Rasulullah SAW juga melarang para sahabatnya untuk tidak menyebarkan aib orang lain sekalipun kepada Beliau. Perbuatan itu dapat mengarah pada tindakan fitnah.

Pada hakikatnya, fitnah atau tuduh-menuduh lahir dari rasa dengki, sombong, angkuh, tidak menerima kebenaran, dan menganggap orang lain berderajat lebih rendah darinya.

Fitnah adalah tindakan paling kejam yang dilakukan seseorang kepada orang lain. Bahkan, pembunuhan yang merupakan tindakan kejam dianggap 'kalah kejam' ketimbang fitnah.

Memiliki tabiat fitnah atau tuduh-menuduh akan membawa kita pada kehancuran dan kemusnahan. Tidak ada sedikit pun keuntungan yang diperoleh dari sifat buruk itu.

Sumber: republika, 25 April 2007

OKI Serukan Bantuan Internasional bagi Solusi Masalah Palestina

Ekmeleddin Ihsanoglu, Sekretaris Jenderal OKI, yang memiliki 57 anggota, mengeluarkan pengumuman tersebut di kota Jiddah, bagian barat Arab Saudi, setelah konferensi khusus satu-hari para menteri luar negerinya mengenai dukungan masyarakat internasional guna membantu rakyat Palestina.

Pemimpin OKI tersebut, sebagaimana dikutip kantor berita resmi Arab Saudi (SNA), mengatakan Organisasi itu sedang berusaha mengerahkan berbagai upaya masyarakat internasional guna menemukan penyelesaian bagi masalah Palestina.

Namun, Ihsanoglu tak merinci tindakan yang akan dilaksanakannya, tapi hanya mengatakan kontak telah dilakukan dengan semua pihak terkait.

Pada 17 Januari, Israel memutuskan untuk memperketat penutupan yang telah diberlakukannya atas Jalur Gaza sejak pertengahan Juni, ketika HAMAS menguasai jalur sempit pantai tersebut. Semua tempat penyeberangan menuju Jalur Gaza telah ditutup.

Pada hari yang sama, Israel telah melarang pengiriman bahan bakar dan produk makanan dasar ke Jalur Gaza, sebagai pembalasan atas serangan roket rakitan yang dilancarkan oleh pejuang Palestina dari Jalur Gaza terhadap Israel.

Selain itu, sedikitnya 37 orang Palestina telah tewas sejak Israel melancarkan serangannya terhadap Jalur Gaza pada 15 Januari, demikian laporan Xinhua. [ant/www.hidayatullah.com]


Sumber: www.hidayatullah.com , 5 Februari 2008

Efek Pornografi seperti Kecanduan Kokain

Sebuah panel yang terdiri dari para pakar memasukkan laporan ke Senat Amerika Serikat (AS) berkaitan dengan pengaruh buruk pornografi.

Seorang psikiatris menyebutkan pornorafi adalah jalan bebas hambatan menuju praktek sadomasokis dan kontak seksual dengan binatang.

Sekitar 420 juta website terkait dengan pornografi berserak di internet, membuat kecanduan gambar syur teramat sulit dhentikan dibanding ketika zamannya mesti membeli majalah dan sembunyi-sembunyi di kamar.

Dari toxic pada otak, kecanduan pornografi merambah ke pengunaan kartu kredit yang membabi buta, kurang tidur, menghindar dari tanggungjawab, atau bahkan 'menendang' pasangan dalam kehidupan nyata.

Terapis seks Dr Louanne Cole Weston yang juga seorang anggota panel mengatakan, ada tiga hal mengapa seseorang doyan pornografi. Pertama, untuk memuaskan fantasi; kedua, menghindari keintiman dan hubungan dalam kehidupan nyata; dan ketiga atau yang paling banyak menjadikan pornografi sebagai teman sebelum masturbasi.

"Seringkali seseorang tidak mendapatkan hal yang diinginkan dalam kehidupan nyata," kata Dr Weston. Karena itu, pornografi dalam skala tertentu dapat juga menjadi bagian dari hubungan yang sehat, namun pada titik tertentu justru menjadi racun.

Sebagian orang berpaling ke pornografi karena keintiman dalam sebuah hubungan sama sulitnya dengan mempertahankan hubungan itu sendiri. Karena itu kemudian menyisihkannya untuk dinikmati secara rahasia.

Selain itu, dengan semakin mandirinya seseorang, ternyata memberi pengaruh terhadap sebuah hubungan sosial.

Sementara label kecanduan pornografi, menurut dr Weston, adalah istilah yang muncul karena kehidupan sosial tidak setuju dengan perilaku itu. Banyak yang merasa malu dengan masturbasi.

Para pria, kata Dr Weston, lebih mudah terangsang hanya dengan imajinasi. Karena itu sampai kapanpun pornografi tidak akan pernah bisa dihentikan. [ES/www.hidayatullah.com]



Sumber: www.hidayatullah.com , 5 Februari 2008

Perasaan Bahagia Baik Bagi Kesehatan

Sebuah studi yang dilakukan pada hampir 3.000 orang dewasa yang sehat di Inggris, yang dipimpin oleh Dr. Andrew Steptoe dari University College London, menemukan bahwa mereka yang mengaku sedikit murung/sedih mempunyai tingkat cortisol (hormon penyebab stres) yang lebih rendah. Ketika hormon itu dinaikkan secara berkesinambungan, secara otomatis dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, kegemukan pada bagian perut, mengurangi fungsi kekebalan, juga masalah-masalah lainnya.

Dalam studi yang dipublikasikan American Journal of Epidemiology, wanita yang dilaporkan memiliki lebih banyak emosi positifnya, mempunyai tingkat dua protein darah lebih rendah, yang mengindikasikan menyebarnya peradangan pada tubuh. Peradangan kronis dipercaya menyebabkan sejumlah penyakit selama periode tertentu, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Para peneliti telah lama mencatat bahwa orang yang lebih merasa bahagia cenderung lebih sehat dari pada mereka yang terus menerus merasa stres, perasaan bermusuhan, atau pesimis. Tetapi penyebabnya masih sedang dipelajari.

Satu kemungkinan adalah bahwa seseorang yang perasaannya lebih bahagia membangkitkan gaya hidup yang lebih sehat, tetapi tidak semua studi menemukan ini sebagai alasannya, jelas Steptoe.

"Karena itu kita terus melakukan penelitian lebih pada hubungan biologis langsung diantara kondisi yang positif dan kesehatan,"kata Sreptoe pada Reuters Health.

Penemuan-penemuan saat ini, menurut Steptoe, menambah bukti bahwa kebahagiaan dan emosi positif lainnya adalah "berkaitan dengan respons biologis yaitu perlindungan kesehatan."

Studi itu mencakup 2.873 pria dan wanita sehat berusia antara 50-70 tahun. Setelah melewati satu hari, para relawan diambil contoh air ludahnya sebanyak 6 sampel sehingga para peneliti dapat mengukur tingkal cortisol-nya; setelah masing-masing sampel diambil, relawan dicatat suasana hatinya saat itu yang merupakan kelanjutan terhadap apa yang mereka rasakan "bahagia, menyenangkan, atau pun kadar kebahagiaannya."

Pada hari yang terpisah, para peneliti mengukur tingkat C-reaktif protein (CRP) and interleukin 6 (IL-6) dari para relawan, yang merupakan penanda peradangan dalam tubuh mereka.

Mereka menemukan bahwa pria dan wanita yang suasana hatinya lebih bahagia dilaporkan mempunyai tingkat cortisol dibawah rata-rata pada hari penelitian itu – bahkan ketika faktor-faktor lain seperti usia, berat badan, merokok, dan penghasilan turut diperhitungkan.

Diantara wanita, tetapi tidak terjadi pada pria, emosi positif juga berhubungan dengan tingkat yang rendah dari CRP and IL-6. Menurut para peneliti, tidak dapat dijelaskan alasan yang berkenaan dengan perbedaan jenis kelamin.

Steptoe mengatakan penemuan cortisol mempertegas hasil penemuan sebelumnya, pada lingkup studi yang lebih kecil; walaupun demikian hasil penelitian pada CRP dan IL-6, adalah baru.

"Penemuan ini menyimpulkan proses biologis lainnya yang mengkaitkan kebahagiaan dengan berku-rangnya kerentanan biologis,"katanya.

Tetapi apabila memang orang yang lebih bahagia adalah orang yang lebih se-hat, maka pertanyaan sulit yang tertinggal adalah: Bagaimana anda dapat menjadi bahagia?

"Apa yang kita ketahui,"catat Steptoe,"Adalah kondisi kejiwaan seseorang bukanlah sekedar sesuatu yang turun temurun, tetapi tergantung pada hubungan sosial kita dan pemenuhan makna hidup."

"Kita perlu membantu orang untuk mengenali hal-hal tersebut, sesuatu yang membuat mereka merasa nyaman dan benar-benar memuaskan kehidupan mereka, sehingga mereka memanfaatkan lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal tersebut."

Sebelum ini, Seorang dosesn IAIN Sunan Ampel Surabaya DR Moh Sholeh telah melakukan penelitian dengan mengambil sampel darah anak-anak yang rajin shalat tahajud dan yang tidak.

Hasilnya, orang yang rajin shalat tahajud akan menurunkan hormon cortisol. "Jika kita melakukan shalat tahajud secara tulus, rutin dan khusu maka cortisol kita akan turun," ujarnya.
Disertasi Dr. Moh Sholeh untuk gelar Doktoralnya di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Surabaya pernah dipresentasikan di Havard University Amerika Serikat, mewakili Indonesia dari 50 peneliti se dunia. [rtr/The Epoch Times/erb/www.hidayatullah.com]



Sumber: www.hidayatullah.com , 5 Februari 2008

Monday, February 4, 2008

Belajar Bahasa Arab dari Al Quran (14)

Topik 14: Kalimat Pertanyaan

Bismillahirrahmanirrahim.

Kita mulai dengan ayat 5 surat Al-Baqaroh:

أُوْلَـئِكَ عَلَى هُدًى مِّن رَّبِّهِمْ وَأُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
ulaaika=mereka itulah; 'alaa=diatas; hudan=petunjuk; min=dari; rabbi=Tuhan; him=mereka; wa=dan; ulaaika=mereka itulah; hum=mereka; al-muflihuun=orang-orang yang beruntung.

dan ayat 6 surat Al-Baqaroh

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنذِرْهُمْ لاَ يُؤْمِنُونَ

inna=sesungguhnya; alladziina=orang-orang yang; kafaruu=mereka telah kafir; sawaaun=sama; 'alaihim = atas mereka; a=apakah; andzarta=engkau telah beri peringatan; hum=(kepada) mereka; am=atau; lam=tidak; tundzir=engkau (sedang/selalu) beri peringatan; hum=(kepada) mereka; laa=tidak; yu'minuun= meraka (sedang/akan) beriman.

Sampai disini mudah-mudahan permirsa saya harap tidak bingung, apa bedanya hum=mereka, dan him=mereka (lihat ayat 6 diatas). Ada kata-kata 'alayhim=atas mereka, dan andzartahum=engkau telah beri peringatan mereka. Dua-duanya hum dan him artinya mereka. Gak bingung ya? Kalo bingung ngaku, berarti kita harus ulang mengenai topik huruf jar (harf jar). Oke ringkasnya, kalau pada 'alayhim asalnya hum tapi karena terletak setelah huruf jar, berubah menjadi him. Sedangkan pada andzartahum, hum disini sebagai maf'ul (objek penderita). Sama halnya: saya telah melihat mereka رأيتهم ra-ai-tu-hum. Ra-a=telah melihat; tu=saya; hum=mereka.

YES/NO QUESTIONS
Di ayat 6 ada hal yang menarik untuk dipelajari, disitu tertulis:
أأنذرتهم a andzar-ta-hum = apakah engkau telah memberi peringatan untuk mereka.

Secara kata per kata:
أ-a = apakah
أنذرت-andzarta = engkau telah mengingatkan
هم-hum = (kepada) mereka

Terlihat disini cara untuk bertanya YES/NO question (pertanyaan yang menghendaki jawaban YA/TIDAK) dalam bahasa Arab adalah:
أ-a = apakah (YES/NO)

atau
هل-hal = apakah (YES/NO)

Misalkan saya melihat sesuatu berbentuk stik runcing diatas meja. Saya menebak "kayaknya ini sebuah pena". Lalu saya tanya ke seseorang yang ada dekat benda itu sambil bertanya: "Apakah ini pena?"

أ هذا قلم؟-a hadzaa qolamun = apakah ini pena?

Atau saya juga bisa tanya:
هل هذا قلم؟-hal hadzaa qolamun = apakah ini pena?

OPEN ENDED QUESTION
Misalkan saya mengharapkan si penjawab menjawab "ini pena". Maka dalam bahasa Arab, pertanyaan yang menghendaki jawaban selain YES/NO, menggunakan isim istifham (kata tanya), menggunakan kata ما - maa.

Jadi saya akan tanya:
ما هذا؟ - maa hadza = apa ini?

Dia akan jawab:
هذا قلم - hadzaa qolamun = ini sebuah pena.

QUIZ-1:
Saya menanyakan sebuah kotak yang berbentuk buku. "Apakah ini buku?"
أ هذا كتاب؟ - a hadzaa kitaabun?

atau
ما هذا كتاب؟ - maa hadzaa kitaabun?

Jawab: yang benar adalah jawaban yang pertama. Karena أ atau هل menghendaki jawaban Ya (نعم - na'am) atau Tidak (لا - laa). Pertanyaan pada jawaban ke dua salah, karena kalau saya pakai ما - maa, maka pertanyaannya menjadi:

ما هذا؟ - maa hadzaa = apa ini?

Ingat:
Struktur ما هذا كتاب؟ adalah struktur kalimat yang salah.

Insya Allah kita lanjutkan minggu depan.

Belajar Bahasa Arab dari Al Quran (13)

Topik 13: Muannats, Mudzakkar, Mufrod, Mutsanna, Jamak

Bismillahirrahmanirrahim

Kaifa haalukum كيف حالكم? Gimana permirsa kabar antum sekalian? Kaif? Semoga tetap semangat dalam belajar Al-Lughoh Al-Arabiyyah اللغة العربية

Terakhir kemaren ayat berapa? Ayat 4, ya... Okeh... Insya Allah topik kali ini kita masuk ke ayat 5, dan 6. Dan kita akan pelajari mengenai kata benda (isim) yang berjenis maskulin (pria) / mudzakkar, dan yang berjenis feminim (wanita) / muannats. Muannats - Mudzakkar
Apa sih ini? Okeh, dalam bahasa Arab bedanya dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, sebuah kata benda itu di"takdir"kan punya jenis, apakah jenis perempuan, atau laki-laki. Yang berjenis perempuan itu biasanya ada tanda ta marbutoh dibelakanngnya misalkan:
الشجرة- asy-syajaratu (sebuah pohon)
الطائرة- ath-thooirotu (sebuah pesawat)
الدراجة- ad-darroojatu (sebuah sepeda)

Kata-kata isim alam (kata benda yang tampak wujudnya) spt diatas, kalau digandengkan dengan kata sifat (besar, kecil, dll), atau kata tunjuk (ini, itu) maka kata sifat atau kata tunjuk yang dipilih adalah kata berjenis perempuan juga. Kenapa? Hehehe... sudah lupa ya, dalam bahasa Arab, kata sifat itu adalah kata benda, dan kata tunjuk itu juga kata benda (isim). Dua isim yang saling terkait harus berjenis sama.

Contoh:
تلك الشجرة - tilka asy-syajaratu (itu sebuah pohon) --> BETUL
ذلك الشجرة - dzalika asy-syajaratu (itu sebuah pohon) --> salah secara grammar, karena ذلك-dzaalika (itu) adalah kata tunjuk (isyim isyaroh) berjenis laki-laki, sedangkan pohon, adalah isim yang berjenis perempuan.

Mufrod, Mutsanna, Jamak
Apalagi nih? Nah bahasa Arab juga sangat "care" tentang jumlah benda. Misal dalam bahasa Indonesia:
Saya membeli mobil.

Apa yang terbayang? Bisa jadi mobil yang dibicarakan itu satu buah mobil, bisa dua mobil, bisa 3 mobil atau lebih. Dan kadang kita juga 'gak peduli ya?

Dalam bahasa Arab, saya sebut spt ini:
إشتريتُ سيارةً-isytaraitu sayyaaratan (saya telah membeli sebuah mobil)

Kalau saya telah membeli 2 mobil, maka saya mengatakan:
إشتريتُ سيارتان-isytaraitu sayyarataani (saya telah membeli dua buah mobil)

Dan kalau saya membeli lebih dari 2 mobil (3 atau lebih), maka saya mengatakan:
إشتريتُ سياراتَ-isytaraitu sayyaaraatan (saya telah membeli banyak mobil)

TIPS:
1. Untuk membentuk sebuah kata benda menjadi berjumlah dua, maka kita perlu menambahkan ALIF NUN ان dibelakang kata bendanya. Contoh:
سيارتان، سيارة- sayyarataani (2 buah mobil)
طائرتان، طائرة- thooirotaani (2 buah pesawat)
دراجتان، دراجة- darroojataani (2 buah sepeda)

2. Untuk membentuk sebuah kata benda menjadi berjumlah banyak (lebih dari 2), maka untuk yang berakhir ta marbutah ة atau ـة tinggal diubah menjadi ALIF TA ات. Contohسيارات، سيارة- sayyaarootun (banyak mobil)
طائرات، طائرة- thooirootun (banyak pesawat)
دراجات، دراجة- darroojaatun (banyak sepeda)

Demikian dulu permirsa, Insya Allah akan kita lanjutkan.

Sumber: islamdotnet

Ditekan Israel, Google Hapus Gambar Aboutrika 'Sympathize With Ghaza'

Israel ternyata tidak senang foto pemain sepakbola Mesir Muhammad Aboutrika yang memperlihtkan T-Shirt nya bertuliskan "Sympathize with Ghaza" beredar luas. Untuk itu rejim Zionis menekan Google-situs mesin pencari terpopuler saat ini-untuk menghapus gambar tersebut.

Surat kabar berbahasa Arab Al-Watan melaporkan, Google tak mampu menolak tekanan Zionis Israel dan akhirnya menghapus gambar Aboutreika yang mengenakan T-Shirt "Sympathize with Ghaza" dalam beberapa pose, dari mesin pencarinya.

Menurut Al-Watan, pencarian dengan menggunakan nama Aboutrika di Google memunculkan foto-foto pemain tim sepakbola Mesir itu, tapi tidak foto Aboutrika yang sedang menunjukkan kaos putihnya bertuliskan "Sympathize with Ghaza." Padahal sebelumnya, foto-foto tersebut tampil di Google dengan berbagai pose.

Apa yang dilakukan Aboutrika saat bertanding melawan tim Sudan dalam Liga Afrika pekan kemarin memang telah membuat Israel berang. Rejim Zionis itu menuntut FIFA menjatuhkan sanksi berat pada Aboutrika karena dianggap sudah melanggar tata tertib pertandingan.

Setelah berhasil mencetak gol, Aboutrika mengangkat bagian depan seragam timnya dan terlihatlah tulisan di T-shirt putihnya "Sympathize with Ghaza." Ia melakukan itu sebagai bentuk solidaritasnya terhadap warga Jalur Ghaza, Palestina yang sedang diblokade rejim Zionis Israel. (ln/al-araby)


Sumber: www.eramuslim.com , 4 Februari 2008

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...