Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Friday, January 11, 2008

Nasib Amal Baik kita Terdahulu

[- Ditulis oleh Satria Sudadi, Gresik, 11 Januari 2008, 18.00 -] 

Tadi siang, ada hal menarik yang saya dapatkan dari isi khotbah jumat di Masjid Nurul Jannah Petrokimia. Sang khotib mengulas kisah yang diceritakan olel Imam Al Ghazali.

Suatu ketika, ada seorang perajin sarung sedang bertransaksi dengan calon pembelinya. Dia minta dibuatkan selembar sarung dengan kualitas tertentu, dalam jangka waktu tertentu, dan dengan harga tertentu pula.

Singkat kata, si perajin sarung yang sudah dikenal masyur dan berpengalaman itu, menyanggupi tawaran calon pembelinya. Dan mulailah dia mengerjakan pesanan itu seprofesional mungkin. Dia tak mau sedikitpun melakukan kesalahan. Demi mutu dan kualitas yang telah dia pertahankan bertahun-tahun.

Alhasil, di hari yang telah dijanjikan, bertemulah mereka untuk merealisasikan "MoU" yang telah mereka teken. Setelah diteliti dengan penuh seksama, ternyata ada beberapa cacat yang terlewat dari pengawasan si perajin. Alangkah malunya si perajin tadi. Komitmen untuk menjaga mutu dan kualitas selama ini tercoreng sudah. Dia diam sesaat dan akhirnya menangis sesenggukan.

Si pembeli yang melihatnya berkata, "Mengapa tuan menangis ? Saya akan tetap membayarnya untuk tuan."

Saya tidak menangis karena itu Tuan. Saya hanya memikirkan nasib saya nanti, apa yang terjadi seandainya nanti di akhirat, Allah menolak amal baik hamba, yang selama ini hamba yakin akan kualitas amal itu."

Sahabat, benar apa yang diungkapkan oleh si perajin. Kita tak bisa memastikan nasib amal-amal kita terdahulu. Yang mungkin selama ini kita yakin pasti diterima oleh Allah.
Mari berkaca dan merenung, sudahkah kita benar-benar menjaga kualitas amal. Sekecil apapun.
________________________________________________________
Bergabunglah dengan orang-orang yang berwawasan, di di bidang Anda! Kunjungi Yahoo! Answers saat ini juga di http://id.answers.yahoo.com/

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...