Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Thursday, January 31, 2008

Fosil Leluhur Manusia Asia Ditemukan

TIM arkeolog Henan Cultural Relics and Archaeology Research Institute, China, menemukan fosil manusia purba berusia sekitar100.000 tahun. Fosil ini adalah yang tertua kedua di Asia setelah fosil Peking Man.

Fosil Peking Man ditemukan di dekat Beijing, China, pada 1920-an. Fosil tersebut diperkirakan berusia antara 250.000–400.000 tahun. Kini, tim arkeolog China menemukan fosil manusia purba Asia tertua kedua setelah Peking Man.

Fosil berusia sekitar 100.000 tahun ini ditemukan di wilayah Xuchang, Provinsi Henan, China.Penemuan ini mengejutkan karena di Asia jarang ditemukan fosil berusia lebih dari 100.000 tahun. Fosil manusia purba berusia lebih dari 100.000 tahun umumnya ditemukan di Afrika.

"Fosil ini penting karena membuktikan manusia sudah hidup di Henan sejak sekitar 100.000 tahun silam.Penemuan ini diharapkan mampu mendorong penemuanpenemuan berikutnya yang tak kalah penting," ujar Profesor Chinese Academy of Sciences Wu Xinzhi. Fosil tersebut terdiri dari 16 keping serpihan tengkorak dan berada dalam kondisi relatif utuh,karena terkubur di dekat mata air yang memiliki air berkandungan kalsium tinggi.

Di samping fosil tengkorak itu, tim arkeolog juga menemukan lebih dari 30.000 fosil binatang serta artefak kayu dan batu.Fosil-fosil itu terkubur di wilayah seluas sekitar 260 meter persegi.Tim peneliti menduga, wilayah itu sempat menjadi sebuah perkampungan purba. Sebagian besar ilmuwan sepakat manusia menyebar dari Afrika ke Eropa, Asia, dan Australia.

Ilmuwan University of Cambridge,Inggris, Andrea Manica melakukan analisis terhadap lebih dari 6.000 tengkorak dan menyimpulkan manusia berasal dari Afrika. "Kami telah menggabungkan data genetik kami dengan analisis terhadap ribuan tengkorak. Hasilnya menunjukkan manusia modern berasal dari satu wilayah tunggal di Afrika Sub-Sahara," jelas Manica.

Dalam analisis yang diterbitkan dalam jurnal Nature, Manica mengungkapkan, variasi ukuran dan bentuk tengkorak manusia sesungguhnya semakin kecil apabila ditemukan semakin jauh dari Afrika. Penurunan variasi tersebut terjadi karena ketika manusia-manusia purba melakukan migrasi, populasi mereka terpangkas signifikan akibat perang, penyakit, atau bencana lain.

Alhasil, manusia purba harus melakukan perkawinan di antara anggota kelompok kecil mereka. Dengan demikian,keberagaman gen mereka menyusut dan level tertinggi variasi tipe tengkorak ditemukan di Afrika tenggara. Wilayah itu umum dianggap sebagai habitat pertama manusia. [afp/rtr/snd/www.hidayatullah.com]



Sumber: www.hidayatullah.com , 31 Januari 2008

1 comment:

infogue said...

Artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://arkeologi.infogue.com
http://arkeologi.infogue.com/fosil_leluhur_manusia_asia_ditemukan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...