Assalamu alaikum. Selamat datang di blog pribadi saya. Silakan ambil apa yang menurut anda baik dan abaikan apa yang menurut anda salah. Sebuah kebahagiaan bagi saya bila anda bersedia menulis komentar, respon, kritik dan masukan untuk perbaikan yang lebih baik. Terima kasih.

Hikmah

Tuesday, April 3, 2007

Awon Penyono (baca: negatif thinking)

[Ditulis oleh Satria Sudadi]

Sahabat, pernahkah kita tiba-tiba merasa asing, aneh, dan kurang nyaman di lingkungan kita berada? Rasanya sungguh-sungguh tidak mengenakkan. Padahal kita merasa keberadaan kita sudah cukup lama dan akrab sebelumnya.

Kondisi seperti ini mungkin sering kita alami. Terutama kaum hawa yang notabene berperasaan peka. Namun tidak sedikit pria yang mengalami hal sama. 

Pikiran tiba-tiba keluar dari batas logika, prasangka yang macam-macam pun bergelayut hingga tak mampu membedakan mana kawan dan mana orang asing. Dampaknya, hati menjadi mudah curiga dan menduga-duga. 

Apa yang salah ? Bagaimana seharusnya ?

Intinya pada pikiran kita. Kita tidak mampu mengendalikannya, menyetel sedemikian rupa sehingga kita mendapat ketenangan darinya. Ketidak mampuan kita berbaik sangka (husnudzon) menyebabkan kita tersiksa dan terjebak dalam balutan rasa tidak nyaman.

Dan akibatnya sungguh luar biasa. Selain membuat hati tidak tenang, suudzon atau ”awon penyono” (dalam bahasa jawa) akan merenggangkan hubungan kita dengan sahabat dan orang-orang yang sebelumnya akrab dengan kita.

Maukah kita mengorbankan ukhuwah yang menjadi pilar utama agama ini hanya karena kita tidak mampu memanage hati dan pikiran kita ?


Type rest of the post here

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...